About Us

Gereja GBI Syalom di Jl Kolonel Sugiono no 7 Kota Probolinggo didirikan pada tahun 1992 dan berkembang untuk menjangkau jiwa-jiwa. Ibu Susan, istri Gembala Bpk Andreas Soekamto Yuwono, memiliki mimpi menjangkau jiwa melalui pendidikan. Di Kota Probolinggo, belum ada Pendidikan Kristen, sehingga ini menjadi kesempatan untuk memberikan dasar kekristenan bagi anak-anak. Setelah mendapat dukungan doa dan dari para Hamba Tuhan, GBI Syalom membuka PAUD SEC (Syalom Education Center) sebagai sekolah Kristen pertama di Kota Probolinggo pada tanggal 7 Juli 2011.

Untuk menaungi Sekolah SEC (Syalom Education Center), dibentuklah Yayasan Syalom Probolinggo yang disahkan melalui Akta Nomor 09 tanggal 18 Desember 2013 oleh Notaris Ika Handayani, SH., M.Kn di Kota Probolinggo. Melalui yayasan ini, diharapkan SEC dapat lebih menjangkau jiwa-jiwa kecil dan membentuk karakter siswa yang bersekolah di dalamnya.

School Building

Visi

Terwujudnya Generasi Unggul Berkarakter, Berwawasan Global dan Lingkungan yang Siap Menghadapi Tantangan Pada Masanya

Misi

Academic Icon
Kecerdasan Akademik & Non-Akademik

Mewujudkan peserta didik yang cerdas secara akademik dan non-akademik, serta memiliki kreativitas tinggi.

Global Icon
Berwawasan Global

Mewujudkan peserta didik yang memiliki wawasan luas, mampu berkomunikasi secara interkultural, serta berteknologi dan berbudaya.

Clean Icon
Lingkungan Bestari

Mewujudkan lingkungan sekolah yang Bestari (Bersih, Sehat, Tertib, Aman, Rapi, dan Indah).

21st Century Skills Icon
Keterampilan Abad 21

Mewujudkan peserta didik yang memiliki keterampilan abad 21, siap berkarya, berinovasi, dan unggul sepanjang hayat.

Struktur Kepengurusan

Struktur Kepengurusan

Pembina Yayasan adalah otoritas tertinggi dalam struktur organisasi, yang bertanggung jawab atas arahan strategis dan kebijakan yayasan. Mereka berfungsi sebagai pengawas keseluruhan untuk memastikan bahwa yayasan berjalan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan. Dalam Syalom Education Center, Pembina Yayasan terdiri dari tiga orang, yaitu:

  • Sukamto Yuwono
  • Tjandra Oentono
  • Susanto Tjandrawati

Pengawas bertanggung jawab untuk memantau dan menilai kinerja pengurus yayasan, memastikan bahwa semua kegiatan berjalan sesuai dengan aturan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Pembina Yayasan. Pengawas dalam struktur ini terdiri dari:

  • Ketua: Hendrik
  • Anggota: Gidiyon Purnomo

Pengurus adalah pihak yang bertanggung jawab atas operasional sehari-hari yayasan. Mereka mengelola dan menjalankan program serta kegiatan yayasan, dengan koordinasi yang baik antara ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara. Pengurus Syalom Education Center terdiri dari:

  • Ketua: Tjandra Imam Santoso, S.H
  • Wakil Ketua: Togu Hutahayan
  • Sekretaris: Yohanes
  • Bendahara: Ristania Widiani Susanto

Bagian Sosial berfokus pada aktivitas sosial yayasan, seperti program bantuan dan kesejahteraan untuk masyarakat. Bagian ini diketuai oleh Dr. Santoso, yang bertanggung jawab untuk merancang dan melaksanakan program-program sosial yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Bagian Agama bertanggung jawab untuk kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh yayasan, baik untuk internal maupun eksternal yayasan. Gunawan Pangestu memimpin bagian ini dengan tujuan untuk memperkuat aspek spiritual dan moral di dalam dan luar lingkungan yayasan.

Bagian Pendidikan mengelola semua aspek yang terkait dengan pendidikan di yayasan, termasuk pengembangan kurikulum, pembinaan tenaga pendidik, dan pelaksanaan program pendidikan. Hendra Wijaya memimpin bagian ini dengan tanggung jawab untuk memastikan bahwa semua program pendidikan berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Koordinator Sekolah di Syalom Education Center memainkan peran kunci dalam memastikan kelancaran operasional dan pelaksanaan program pendidikan di seluruh lembaga. Sebagai penghubung antara bagian pendidikan dan tenaga pendidik, koordinator sekolah bertanggung jawab untuk mengawasi implementasi kurikulum, memastikan kualitas pengajaran, dan mengelola hubungan antara siswa, guru, dan orang tua.

Dalam menjalankan tugasnya, koordinator sekolah juga berperan dalam mengidentifikasi kebutuhan pelatihan bagi tenaga pendidik, memastikan bahwa metode pengajaran yang diterapkan sesuai dengan perkembangan terkini, serta menjaga agar lingkungan belajar tetap kondusif dan sesuai dengan nilai-nilai yayasan. Selain itu, koordinator sekolah bekerja sama dengan bagian pendidikan untuk merancang program-program inovatif yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan prestasi siswa.